Bupati Cilacap menerima Piala Adipura bersama Wapres

HUMAS CILACAP. Kabupaten Cilacap tahun 2018 kembali meraih penghargaan Adipura. Penghargaan dibidang kebersihan dan keindahan kota tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, di gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Senin (14/01).

Penghargaan Adipura kategori kota sedang terbersih, diterima Kabupaten Cilacap untuk yang kedua kalinya, setelah dalam tahun 2017, Kabupaten Cilacap juga memperoleh penghargaan Adipura. Penghargaan Adipura ini, juga pada tahun-tahun sebelumnya pernah diterima oleh Kota Cilacap mulai tahun 2008, 2010, 2012, dan 2014. Perolehan Adipura hingga tahun 2018 ini, Kota Cilacap sudah meraih Adipura sebanyak enam kali.

Dalam penerimaan penghargaan tersebut, Bupati didampingi Plt Kepala DLH Kabupaten Cilacap, Dian Setyabudi, sejumlah pejabat di jajaran pemkab Cilacap,  Camat dan Kepala Kelurahan eks Kotip Cilacap, karyawan-karyawan DLH dan pihak terkait.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji usai menerima penghargaan Adipura menyampaikan, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua komponen masyarakat, karena Cilacap tahun 2018 berhasil memperoleh penghargaan Adipura dari Pemerintah.

Keberhasilan memperoleh penghargaan Adipura ini, lanjut Tatto, merupakan kerjasama yang baik dari semua komponen masyarakat, bukan kerja dari Bupati semata. Dengan diterimanya penghargaan Adipura ini, Bupati berharap kota Cilacap harus semakin bersih.  Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan kota yang bersih maka hidup masyarakat akan semakin sehat dan rejekipun akan semakin meningkat, ujar Tatto.

Mengutip dari sambutan Wakil Presiden, Bupati mengatakan, di dunia akan tiga hal yang penting, yang pertama adalah demokrasi, kedua adalah masalah HAM dan yang ketiga adalah masalah lingkungan.

Menurut Bupati, alam ini diciptakan oleh Allah SWT adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Oleh karena itu, dalam memanfaatkan alam ini kita harus makin bijaksana,  dan mampu merawat alam ini dengan sebaik-baiknya. Karena alam ini bukan untuk kepentingan kita saja, tetapi untuk anak cucu kita di kemudian hari.

Menyinggung mengenai permasalahan sampah, Bupati menyampaikan, bahwa penanganan dan pengelolaan sampah harus benar dilaksanakan dengan baik dan benar. Dengan pengelolaan yang baik, maka kota Cilacap yang indah dan bersih akan benar-benar dapat terwujud.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, Drs. Dian Setyabudi, MM pada kesempatan yang sama menyampaikan selamat kepada bpk Bupati Cilacap yang pada tahun 2018 ini, Kota Cilacap mendapatkan anugerah Adipura.

Dian menyampaikan, kota Cilacap selama dua tahun terakhir ini menerima penghargaan Adipra, mulai tahun 2017 dan tahun 2018. Diharapkan Cilacap setiap tahunnya akan memperoleh piala Adipura, sehingga Kota Cilacap bisa meriah penghargaan Adipura Kencana.

Dian juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat, seluruh komponen masyarakat dan semua yang terkait yang sudah berperan aktif, sehingga kota Cilacap mendapatkan penghargaan Adipura.

Penghargaan ini tidak mungkin bisa diperoleh hanya dengan mengandalkan peran dari Dinas Lingkungan Hidup saja, tetapi semua komponen masyarakat, baik dari rumah tangga, paguyuban kebersihan lingkungan, RT, RW, kelurahan dan Kecamatan hingga sampai tingkat Kabupaten lengkap dengan peran dari semua SKPD, termasuk sekolah, pasar dan tempat-tempat lain yang dijadikan obyek penilaian adipura.

Semua komponen tersebut sudah berperan aktif. Untuk itu DLH mengucapkan banyak terima kasih. Keberhasilan ini tentunya harus dipertahankan. Dan yang terpenting dengan diperolehnya Adipura ini, masyarakat akan semakin sadar bahwa kota yang bersih itu menjadi kebutuhan kita semua. Diharapkan dengan keberhasilan ini, masyarakat akan mempunyai budaya malu, ketika membuang sampah tidak pada tempatnya, ujar Dian. (hromly)

 

(Sumber Humas Setda Cilacap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *