CILACAP BERTEKAD MEMPERTAHANKAN PENGHARGAAN ADIPURA TAHUN 2019

Penghargaan Adipura merupakan penghargaan di bidang lingkungan hidup yang diberikan Presiden kepada Kabupaten / Kota yang dianggap telah berhasil dalam mewujudkan wilayah yang bersih, hijau, sehat dan berkelanjutan. Kabupaten Cilacap menerima penghargaan Adipura sebanyak 6 (enam) kali yaitu tahun 2008, 2010, 2012, 2014, 2017 dan 2018. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta masyarakat dan stakeholder terkait.

Pada penilaian Adipura, lokasi yang dipantau sebanyak 17 titik yaitu; permukiman, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit/puskesmas, hutan kota, taman kota, terminal bis/angkot, stasiun KA, pelabuhan, saluran terbuka, TPA, pantai wisata, pemilahan sampah (Bank Sampah) dan pengolahan sampah (TPS/TPST). Dari lokasi-lokasi tersebut akan dilihat kondisi fisik lingkungan, antara lain kebersihan lingkungan dan drainase, keteduhan (ruang terbuka hijau), sarana pemilahan sampah, serta pengomposan sampah organik untuk lokasi pemukiman, perkantoran, sekolah, TPA dan pasar.

 Tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Cilacap bertekad untuk mempertahankan penghargaan Adipura dapat tetap diraih. Mempertahankan lingkungan kota dan wilayah Wilayah Cilacap yang tetap bersih, hijau dan teduh bebas dari persoalan sampah adalah hal yang tidak mudah. Peran seluruh stakeholder menjadi sangat penting, keterlibatan langsung pimpinan instansi pemerintah /swasta , peran masyarakat di seluruh lapisan, support dari pelaku usaha diperlukan untuk mewujudkan Cilacap layak meraih kembali Adipura.

Peran dan dukungan dari setiap penanggung jawab titik pantau tidak dapat ditawar lagi selain peran penting petugas kebersihan dalam menjaga kebersihan kota dan titik pantau. Berbagai peran penting dari banyak pihak tersebut akan semakin ringan manakala didukung pola prilaku masyarakat Cilacap dalam mengelola sampah. Kunci utama dari kebersihan kota Cilacap dan lingkungan sekitar kita tinggal adalah terbebas dari masalah sampah. Hal tersebut akan dapat teratasi apabila perilaku mengurangi timbunan sampah, memilah dan mengolah sampah menjadi kebiasaan kita sehari -hari dan bukan menjadi beban belaka.

Mari Kita bersama-sama bertekad Cilacap terbebas dari permasalahan persampahan, dan berusaha bersama , dimulai dari diri sendiri, atur dan awasi diri kita, untuk selalu bijak dalam berprilaku, khususnya dalam mengelola sampah. (Indah S_Bid2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *