CILACAP RAIH DUA KATEGORI PENGHARGAAN KALPATARU TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Propinsi Jawa Tengah diselenggarakan di Taman Kota,  jalan lingkar Salatiga, Rabu 17 Juli 2019. Dalam peringatan tersebut diberikan penghargaan oleh Gubernur Bpk Ganjar Pranowo kepada kelompok masyarakat/perorangan, perusahaan, sekolah yang telah melakukan upaya penyelamatan lingkungan. Gubernur memberikan  penghargaan Kalapataru pada pemenang dalan 4 kategori yaitu perintis,  penyelamat,  pengabdi dan pembiba lingkungan.

Kabupaten Cilacap menyabet 2 penghargaan kalpataru,  yaitu Peringkat I Kategori Penyelamat Lingkungan diberikan kepada Ketua Kelompok Tani Kujang I , Dsn Kujang,  Ds. Cijeruk,  Kec.  Dayeuhluhur diwakili. Ketua kelompok sdr. SUDIN .Yang bersangkutan menerima penghargaan piala,  piagam dan uang pembinaan Rp. 10.000.000,- Kelompok Kujang aktif melakukan upaya penyelamatan lingkungan di wilayahnya, diantaranya menjaga kelestarian hutan,  membatasi pertumbuhan penduduk , mempertahankan  jumlah Kepala keluarga hanya 14 KK serta mengembangkan UKM gula aren. Kearifan lokal yang dipertahankan tersebut berdampak positif pada  kualitas dan sumberdaya lingkungan alam Dusun Kujang. Upaya penyelamatan lingkungan dengan tidak menebang pohon patut menjadi contoh bagi kelompok tani / masyakat lainya.

Peraih penghargaan lainnya adalah MOCH. Nurhidayat,  peraih penghargaan dengan kategori Pengabdi lingkungan peringkat III, mendapatkan penghargaan piala,  piagam, dan uang pembinaan senilai Rp. 5.000.000,-, yang bersangkutan adalah PNS aktif di Pemkab Cilacap,  Staf bag Kesra Setda Cilacap,  yang sudah menekuni dunia bank sampah kurang lebih 10 tahun. Saat ini Bank sampah yang dibidani kelahirannya sudah berkembang, baik permodalannya maupun turunan kegiatannya.

Dedikasi dan kontribusi terhadap penyelamatan Lingkungan Di Kabupaten. Cilacap yang telah di torehkan oleh para peraih penghargaan patut menjadi teladan masyarakat Cilacap. Prestasi yang diraih, menambah daftar panjang  perolehan penghargaan Kabupaten Cilacap.

Acara diakhiri dengan dialog interaktif pak Ganjar dengan para kader lingkungan,  Pramuka dan praktisi lingkungan. Pak Gubernur mengajak semua yang hadir untuk bertekad agar  Jawa Tengah Bebas sampah pada tahun 2025. Tekad yang kuat diiringi langkah nyata,  mengupayakan segala sumberdaya, menjadi jalan untuk mewujudkannya. Cilacap pun harus bertekad yang sama, tentunya dengan diiringi kerja nyata.

Tekad yang kuat,  kerja nyata, Cilacap bisa.

Semoga akan bertambah kader – kader lingkungan di Cilacap, praktisi-praktisi lingkungan dan tentunya pribadi-pribadi yang sadar lingkungan, demi lingkungan Cilacap yang lebih hijau, bersih dan sehat.

#langitbirucilacap

#hijaubumicilacap

#songsongcilacapbebassampah2025

#Kitabisa

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *