PEMBINAAN CALON SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI DAN NASIONAL 2019

Sampai dengan tahun 2019 belum ada satupun sekolah di Kabupaten Cilacap yang memperoleh penghargaan Adiwiyata Mandiri. Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Cilacap menghadirkan nara sumber Adiwiyata dalam pembinaan  bagi pengawas dan kepala sekolah selama 2 (dua) hari, 10-11  Juli 2019 bertempat di Ruang Rapat DLH. Hadir perwakilan dari Dinas Pendikan dan Kebudayaan Kab. Cilacap, Para Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah SMP dan SMA Negeri maupun swasta yang diusulkan menjadi calon Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional.

Narasumber yang khusus dihadirkan  dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI selaku Tim  Pembina Adiwiyata Nasional Ibu Windarti dan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibu Noor Indrastuti. Penanggung jawab kegiatan Adiwiyata adalah Ir. Hartono Kepala Bidang Pengelolaan sampah , Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas dengan kordinator teknis Ibu Ir. Chrisna Setyowati  Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.

Pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Cilacap mengusulkan 4 (empat) Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri , tetapi belum berhasil lolos . Sekolah tersebut adalah SMPN 3 Kesugihan dan SMPN 7 Cilacap (2 kl usulan)  serta SMPN 5 Cilacap dan SMAN 1 Cilacap (1 kl usulan).

Jumlah Sekolah Adiwiyata Nasional sampai dengan tahun 2019 sebanyak 13 Sekolah yaitu : SMPN 3 Clp, SMPN 4 Clp, SMPN 5 Clp, SMPN 6 Clp, SMPN 7 Clp, SMP Pius, SMPN 3 Kesugihan, SMPN 4 Kroya, SMPN 1 Majenang, SMAN 1 Clp, SMAN 3 Clp, SMAN 1 Kroya, MAN 1 Clp.

Pada tahun 2019 rencana akan diusulkan  Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri  sebanyak 7 sekolah ( SMP 3 Clp, SMPN 5 Clp, SMPN 7 Clp, SMPN 3 Kesugihan, SMPN 1 Majenang, SMAN 1 Clp, SMAN 3 Clp) dan Nasional sebanyak 12 sekolah ( SMPN 1 Clp, SMPN 2 Clp, SMPN 8 Clp, SMP Al Azhar Clp, SMP Al Irsyad Clp, SMPN 3 Majenang, SMPN 1 Maos,SMPN 1 Jeruklegi, SMP Pemda 2 Kesugihan, SMPN 1 Jeruklegi , SMAN 2 Cilacap, SMA 1 Maos).

Usulan direncanakan pada  bulan Agustus 2019 ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, berpedoman pada Peraturan Menteri LHK yang telah direvisi

Hasil yang diharapkan pada acara ini adalah tersosialisasikannya Peraturan Menteri LHK yang baru serta Penguatan Integrasi Upaya PPLH dalam RPP sebagai pedoman dalam pengusulan Calon sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional.

Perbaikan data usulan Calon sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional sesuai dengan koreksi dari Tim KLHK dan akan diusulkan pada bulan Agustus 2019 .

Diharapkan dukungan dari semua pihak agar Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Cilacap semakin meningkat dan pada akhirnya Cilacap yang Hijau Bersih dan Sehat dapat terwujud.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *