PENANAMAN MANGROVE DI KAWASAN SEGARA ANAKAN DALAM RANGKA HARI LINGKUNGAN HIDUP

Hari Lingkungan Hidup se-dunia jatuhpada tanggal 5 Juni 2019, tepat pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H.  Tema Hari Lingkungan HIdup Tingkat Tahun 2019  bertemakan “Biru Langitku Hijau Bumiku”.  Tema tersebut menggambarkan upaya kita untuk mengendalikan polusi udara yang berkaitan dengan upaya menata bumi menjadi lebih hijau. Salah satu upaya pengendalian polusi udara dilakukan melalui gerakan menanam pohon untuk menambah kapasitas reduksi polusi .

Salah satu Rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Cilacap adalah penanaman mangrove di kawasan laguna segara anakan, dilaksanakan Rabu, 24 Juli 2019 mulai  pukul  09.00 WIB s/d 11.30 WIB, bertempat di  Arboretum Mangrove Kolak Sekancil, Desa Ujung Alang Kecamatan Kampung Laut.  Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mendukung upaya konservasi keanekaragaman hayati khususnya mangrove dengan tujuan sebagai salah satu media pembelajaran bagi anggota Saka Kalpataru serta mengenalkan alternatif tempat wisata di Kampung Laut.

Pemkab Cilacap bekerja sama dengan PT. Pertamina RU IV Cilacap diisi melaksanakan penanaman mangrove sebanyak 1.450 batang di lokasi Arboretum Mangrove Kolak Sekancil (Konservasi Laguna Kawasan Segara Anakan Cilacap), yang merupakan hasil kerja sama program CSR PT. Pertamina RU IV Cilacap dengan Kelompok Krida Wana Lestari Desa Ujung Alang Kecamatan Kampung Laut sejak tahun 2009. Di lokasi Arboretum Kolak Sekancil ini terdapat 44 jenis mangrove yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran siswa dan alternatif tujuan wisata di Kabupaten Cilacap.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Cilacap Bapak Syamsul Aulia Rahman , Dan Lanal Cilacap, General Manager PT. Pertamina RU-IV, Ketua Pengadilan Agama , Perwakilan dari Polres dan Kodim bersama-sama  melakukan penanaman mangrove dengan kelompok masyarakat, Pramuka dan perwakilan dari unsur OPD dan Kecamatan Kampung Laut . Kepala DLH Kab. Cilacap Awaluddin Muuri  selaku penanggung jawab kegiatan Hari Lingkungan Hidup mendampingi Forkompida selama acara berlangsung.

Selain kegiatan penanaman mangrove, Dinas Lingkungan Hidup akan melaksanakan kegiatan Pembelajaran Lingkungan Hidup bagi siswa/siswi SMP Adiwiyata di Bumi Perkemahan Jambusari yang direncanakan pada tanggal 7 Agustus 2019. Pada kegiatan tersebut akan dilakukan pengenalan program terkait lingkungan hidup diantaranya prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) dan konservasi.

#Selamatkan Bumi Cilacap

#Birukan langit, Hijaukan Bumi Cilacap.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *