Kunjungan Kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di RDF Plant Cilacap

0

CILACAP – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meninjau Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Refuse Derived Fuel (RDF) di Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Minggu 8 Januari 2023.

Pj Bupati Yunita Dyah Suminar bersama jajarannya menyambut kedatangan Menteri dan rombongan. Di sisi lain, kunjungan Menteri LHK di Cilacap ini juga terkait verifikasi akhir Adipura yang sudah berlangsung sejak Sabtu kemarin.

Meski menjadi percontohan pengelolaan sampah di Indonesia, saat ini TPST RDF juga menghadapi sejumlah persoalan diantaranya mata pisau scredder yang mulai aus (tumpul), kurangnya alat berat wheel loader. Lalu, rusaknya bio membran untuk proses pengeringan sampah, serta konstruksi sipil yang mulai mengalami korosi.

“Kita melihat berbagai situasi lapangan, karena perintah Pak Presiden minta pemberesan tuntas. Maka kita mempelajari fasilitas yang dikembangan pemerintah daerah. Alatnya mesti ada penambahan, nanti prosesnya akan saya pelajari. Beberapa masih ada yang perlu pengecekan juga,” ujar Menteri LHK.

Sementara itu, Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sri Murniyati memberikan penjelasannya bahwa dalam operasional TPST RDF ini membutuhkan setidaknya tambahan 2 alat berat wheel loader.

Jika melihat kondisi saat ini 2 unit wheel loader yang ada bekerja 16 jam per hari. Sehingga beban kerja seberat itu dikhawatirkan menyebabkan umur pakainya menjadi pendek, dan akan menjadi potensi gangguan operasional.

Saat ini TPST RDF Tritih Lor ini mampu mengolah sampah hingga 150 ton perhari. Dari sampah sebanyak itu, menghasilkan produk RDF sebanyak 54,89 ton atau sekitar 36,09%.

Untuk ke depannya, Pemkab Cilacap juga berencana mengembangkan penanganan pengolahan sampah di wilayah eks Distrik Majenang dan Sidareja dengan menggunakan model Pusat Daur Ulang (PDU).

Dari eks Distrik Majenang, PDU akan menyerap sekitar 70% sampah (233.641 ton/hari). Sedangkan dari eks Distrik Sidareja, PDU akan menyerap 70% sampah (128.648 ton/hari).

Sehingga, residu dari model pengelolaan sampah PDU inilah yang nantinya akan dikirim ke TPST RDF Jeruklegi. Kemudian diolah menjadi bahan bakar alternatif penganti batu bara, yang saat ini pemanfaatannya oleh PT Solusi Bangun Indonesia Pabrik Cilacap dalam memproduksi semen. Minggu (8/01/2023)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *