PENERIMAAN PENGHARGAN ADIPURA KABUPATEN CILACAP

 

CILACAP – Kabupaten Cilacap  kembali meraih penghargaan Adipura Tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sckepada Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, SKM, M.Sc, M.Si.

Penghargaan Adipuraadalah penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten / Kota di Indonesia karena bisa mewujudkan kebersihan dan pengelolaan lingkungan dengan baik. Selain Kabupaten Cilacap, ada 80 Kabupaten/ Kota lain yang mendapatkan penghargaan serupa dalam rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional  yang diadakan di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, KLHK pada hari Selasa, 28 Februari 2023.Dengan demikian, Kabupaten Cilacap telah berhasil memperoleh penghargaan Adipura sebanyak 7 kali setelah sebelumnya diperoleh pada tahun 2009, 2010, 2012, 2014, 2017 dan 2018.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Siaran Persnya menyampaikan bahwa,Program Adipura telah moratorium selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19 dan saat ini masih menjadi instrumen pengawasan kinerja pemerintah daerah Kabupaten/ Kota yang kuat dalam membangun pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau perkotaan yang bersih, teduh, dan berkelanjutan. Pada program Adipura 2022 pengklasifikasian Kabupaten/ Kota dilakukan berdasarkan pada dokumen Jakstrada, kapasitas terpasang sistem pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi melalui SIPSN, Operasional TPA, dan Ruang Terbuka Hijau.

Program Adipura bertujuan untuk mendorong kepemimpinan dan komitmen Pemerintah Kabupaten/ Kota serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menselaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik.

Penyempurnaan program Adipura juga terlihat dari elaborasi indikator penilaian yang tidak hanya menyentuh sisi kebersihan dan keteduhan di perkotaan, penggunaan teknologi pemantauan melalui aerial survey (drone) dan citra satelit, peningkatan kapasitas terpasang, namun juga melihat perkembangan terbangunnya Kampung Iklim di setiap kabupaten/kota sebagai insentif dalam penilaian Adipura.

Pelaksanaan Program Adipura 2022 dilaksanakan terhadap 258 Kabupaten/ Kota se-Indonesia, atau sebanyak 50,2% dari 514 Kabupaten/ Kota di Indonesia. Adapun Kabupaten/ Kota yang meraih Anugerah Adipura Kencana sebagai penghargaan tertinggi bagi Kabupaten/ Kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan sebanyak 5 Kabupaten/ Kota, anugerah Adipura sebanyak 80 Kabupaten/ Kota, penghargaan sertifikat Adipura sebanyak 61 Kabupaten/ Kota, dan penghargaan plakat Adipura yang merujuk pada lokasitematik dengan kondisi pengelolaan sampah terbaik sebanyak 4 Kabupaten/ Kota.